Kerja Keras adalah Energi Kita dan Bangsa
Senin, 19 Oktober 2009

Pengaruh Bahan Bakar Yang Tepat Terhadap Performa Energi Kita

0 comments
Save to del.icio.us 0 hits!

Kerja Keras Spektakuler
Pengaruh Bahan Bakar Yang Tepat Terhadap Performa Mesin Bahan bakar untuk energi kita merupakan unsur yang sangat penting dalam menentukan performa sebuah mesin. Bahan bakar yang baik akan memberikan tenaga mesin yang baik, sedangkan bahan bakar yang tidak baik (atau tak cocok dengan mesin) tidak akan memberikan hasil yang optimal. Bahan bakar yang tidak cocok dengan mesin kendaraan akan menimbulkan suara ngelitik (knocking) dan membuat mesin tak bertenaga.

Pemilik kendaraan yang terus-menerus menggunakan bahan bakar yang tak cocok dengan mesin kendaraannya harus rela mengalami gangguan kenyamanan berkendara. Kalau gangguan yang timbul menjadi semakin parah dan mesin mobil rusak, siap-siap saja merogoh kantong dalam-dalam untuk overhaul. Anehnya, masih ada saja pemilik mobil yang mengabaikan aturan standar pemakaian bahan bakar yang sudah ditentukan oleh pabrikan. Yang penting mobil bisa jalan, tak jadi masalah kalau kenyamanan berkurang, kata mereka. Padahal, produsen bahan bakar seperti Pertamina telah menyiapkan kriteria pemakaian bahan bakar sesuai dengan standar pabrikan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Kendaraan yang semestinya menggunakan bahan bakar beroktan tinggi tak boleh menggunakan bahan bakar beroktan lebih rendah. Penurunan oktan akan berakibat pada penurunan performa mesin, berkurangnya kemampuan akselerasi dan tenaga untuk menanjak hilang.

Pertamax dan Pertamax Plus dari Pertamina adalah contoh bahan bakar beroktan tinggi. Pertamax dengan mesin kendaraan yang mempunyai rasio kompresi tinggi, misalnya Honda CRV keluaran terbaru. Pertamax Plus dengan angka oktan (RON/Research Octane Number) minimal 95, juga bisa digunakan untuk kendaraan buatan tahun 1992 dan 2000 ke atas. Pertamax Plus memiliki kelebihan utama dalam hal gas buang yang ramah lingkungan, dan ia cocok digunakan untuk kendaraan yang telah menggunakan catalitic converter.
Produk-produk Pertamina memang selalu inovatif, dan mengatasi solusi terbaik dari setiap masalah. Pertamina memang sumber energi kita. Ini merupakan salah satu bukti perwujudan kerja keras untuk energi. Memang pas slogan spektakuler Kerja Keras adalah Energi Kita yang disandang oleh Pertamina.
(Sumber: http://www.pertamaxpertamina.com/)

Baca selengkapnya >> Pengaruh Bahan Bakar Yang Tepat Terhadap Performa Energi Kita

Comments
0 comments
Do you have any suggestions? Add your comment. Please don't spam!
Subscribe to my feed

Posting Komentar

About Me

Subscribe now!Feeds RSS

Latest posts

Hot Links

Energize Our Country. Follow Me:

Followers

Guestbook

Kerja Keras adalah Energi Kita